Pesan Nasi Tumpeng di Cipondoh

Pesan Nasi Tumpeng di Cipondoh

Pesan Nasi Tumpeng di CipondohHampir di setiap kesempatan menghadiri acara, tampak nasi tumpeng sebagai pelengkapnya. Jika Anda tertarik, bisa langsung pesan nasi tumpeng di Cipondoh. Sebelumnya, Anda harus tahu bahwa ada beragam jenis nasi tumpeng, sehingga Anda perlu memahaminya sebelum memesan. 

Nasi tumpeng merupakan makanan yang terdiri dari nasi putih yang dibentuk kerucut dan dihias dengan beragam lauk pauk serta sayuran. Nasi tumpeng hadir dalam berbagai acara seperti syukuran sunatan, kawinan dan acara lainnya. Dahulu, nasi tumpeng kerap kali hadir dalam acara masyarakat Jawa dan Betawi karena pengaruh zaman Hindu Budha. Saat ini tradisi tumpengan sudah meluas karena banyaknya masyarakat Jawa yang tinggal di luar Pulau Jawa sehingga tumpengan bercampur dengan tradisi masyarakat lainnya. 

Pesan Nasi Tumpeng di Cipondoh

Tumpeng Megana

Tumpeng ini bisa Anda temui pada acara turun tanah bayi yang baru lahir. Tumpeng yang disusun apik ini dibuat untuk merayakan kelahiran di mana nasi putih melambangkan kesucian dan sayur mayurnya melambangkan harapan serta doa untuk kehidupan anaknya kelak. Sajian tumpeng ini terdiri dari nasi, lauk pauk dan 7 macam sayuran dengan tiga macam warna. 

Tumpeng megana atau juga disebut tumpeng megono memiliki makna sebagai daur hidup manusia atau kelahiran. Pengharapan yang disajikan dalam tumpeng tersebut adalah mendapatkan dukungan dari orang banyak agar anak juga diberikan umur yang panjang serta berkah dunia akhirat. Tak jarang pula tumpeng ini juga turut disajikan dalam acara ulang tahun sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang Maha Esa. 

Tumpeng Punar

Jika Anda ingin melaksanakan acara syukuran, maka bisa menyajikan nasi tumpeng punar. Tumpeng ini terdiri dari nasi kuning yang gurih, lauk pauk yang terdiri dari dadar, kedelai, kacang goreng, pecel, kentang kering, sambal pentok serta abon. Nasi kuning ini melambangkan rasa syukur dari pemilik acara, sedangkan lauk pauknya yang terdiri dari 7 macam tersebut bermakna sebagai gambaran dari rasa yang dialami dalam kehidupan dengan bersyukur. 

Cara menikmati tumpeng juga berbeda seperti yang dilakukan selama ini karena Anda harus memakannya mulai dari bawah. Jika selama ini orang sering salah kaprah karena menikmati mulai dari puncaknya, maka sudah saatnya berbalik ke arah yang benar. Tumpeng sarat maknanya dengan hubungan manusia dan Sang Pencipta sehingga ketika tumpang dipotong maka maknanya bisa hilang begitu saja. 

Tumpeng Robyong

Jenis tumpeng robyong adalah tumpeng yang sering disajikan dalam acara pernikahan. Makan di balik tumpeng ini adalah kemakmuran sejati yang diharapkan mampu diperoleh kedua mempelai ke depannya. Pada bagian ujung tumpeng terdapat telur ayam, bawang merah dan cabai dalam kondisi utuh yang bermakna sebagai simbol gunung berapi. 

Ada pula sayuran dan lauk pauk yang dilambangkan sebagai harapan agar rumah tangga yang dijalani berlimpah berkah dari Yang Maha Esa. Apabila filosofi tersebut diamalkan dengan baik maka hal tersebut serupa dengan doa yang dihanturkan kepada Tuhan agar kehidupan mereka berkah dan penuh kebahagiaan nantinya. Untuk menggelar acara pernikahan yang disertai dengan tumpeng, maka Anda bisa langsung pesan nasi tumpeng di Cipondoh.  

Tumpeng Pungkur

Bentuk dari nasi tumpeng yang satu ini cukup berbeda karena nasi putihnya dicetak setengah dengan dua bagian yang terpisah. Tumpeng ini digunakan dalam acara prosesi oleh keluarga untuk memperingati anggota keluarga yang telah tiada, sajian tumpeng biasanya dilakukan mulai hari pertama, ketiga hingga hari ketujuh. Tidak hanya tumpeng, biasanya keluarga juga menyajikan perlengkapan seperti sayuran sebanyak tujuh macam dan bahan lainnya. 

Tradisi dengan tumpeng ini berisi ungkapan perpisahan keluarga dan menandakan bahwa mereka telah berbeda alam sehingga harus ikhlas. Ada beberapa rangkaian yang harus dilakukan sebelum tumpengan, yakni upacara pengurusan jenazah mulai dari memandikan, mengkafankan dan menshalatkan serta pemakaman. Simbol tumpeng ini merupakan sebagai penyempurnaan arwah, posisi tumpeng yang terbelah membelakangi ini juga ada maknanya yaitu perpisahan dengan kerabat dan keluarganya. 

Tumpeng Kapuranto

Jika Anda bukan dari keturunan Jawa mungkin jarang melihat tumpeng kapuranto. Bila biasanya Anda melihat tumpeng dengan warna nasi putih maupun kuning, maka tumpeng yang satu ini menggunakan nasi dengan warna biru. Warna tersebut berasal dari bunga telang sehingga bisa dikatakan pewarna alami. Tumpeng ini digunakan sebagai lambang permintaan maaf yang terdiri dari 7 macam lauk sama seperti tumpeng lainnya. 

Tumpeng Kendit

Tumpeng selanjutnya adalah tumpeng kendit yang terdiri dari nasi putih dan nasi kuning. Kedua nasi tersebut didirikan tegak berbentuk kerucut yang melingkari dua pertiga dari atas puncaknya. Jenis tumpeng ini kerap kali disajikan sebagai bentuk syukur karena sudah terlepas dari kesulitan. Jadi, bisa dikatakan bahwa tumpeng ini hadir dalam acara syukuran yang sederhana sebagai bentuk terima kasih kepada Sang Pencipta. 

Tumpeng Ponco Warno

Jenis tumpeng dengan enam warna ini disajikan untuk keselarasan antara dunia nyata dan dunia gaib. Enam warna tersebut adalah merah, kuning, hitam, putih, biru dan juga hijau. Warna warni tersebut melambangkan warna yang terdapat di seluruh alam dunia dan alam gaib sesuai kepercayaan masyarakat Jawa. 

Tumpeng Tumbuk

Anda bisa menemukan tumpeng ini dalam acara ulang tahun terutama bagi mereka yang merayakan umur ke 64-nya. Kenapa umur 64 tahun? Islam memiliki seorang rasul yang sempurna yakni Nabi Muhammad SAW. Beliau wafat ketika berumur 63 tahun, sehingga ketika umat manusia sudah berumur lebih daripada rasulnya, maka itu dianggap sebagai umur bonus yang patut disyukuri. 

Sekian penjelasan mengenai jenis nasi tumpeng. Tertarik? Anda bisa langsung pesan nasi tumpeng di Cipondoh untuk acara apapun. Semoga bermanfaat. 



Leave a Reply

Your email address will not be published.