Pesan Nasi Tumpeng di Karawaci Tangerang

Pesan Nasi Tumpeng di Karawaci Tangerang

Pesan Nasi Tumpeng di Karawaci TangerangNasi tumpeng disajikan dalam berbagai acara. Membuat nasi tumpeng bukan suatu hal yang mudah sehingga perlu tips-tips tertentu yang sekiranya bisa menghasilkan nasi tumpeng yang bagus. Nasi tumpeng tidak hanya disajikan ketika acara tradisional dan keagamaan saja, namun kini untuk acara bahagia lainnya juga bisa disajikan nasi tumpeng sebagai sajian utama. 

Pesan Nasi Tumpeng di Karawaci Tangerang

Tips Pesan Nasi Tumpeng di Karawaci Tangerang Untuk Hasil Yang Bagus

Rasa nasi tumpeng yang lezat dan penampilan yang menarik hasil buatan sendiri adalah hal yang menggembirakan. Apalagi jika nasi ini nantinya disajikan pada saat lebaran tiba, tentu harus semaksimal mungkin. Selain untuk lebaran, nasi tumpeng juga bisa disajikan di acara ulang tahun, pernikahan, peresmian, kenaikan jabatan ataupun syukuran. Dalam hal ini, ada hal-hal yang berikut yang perlu diperhatikan. 

  • Pilihan Tumpeng

Sebelum membuat nasi tumpeng, maka perlu ditentukan dulu apakah akan membuat tumpeng berwarna putih atau tumpeng kuning. Daftar lauk pauk apa saja yang akan digunakan juga perlu ditulis agar memudahkan dalam pembelian bahan dan proses pengolahan. Bagi yang pesan nasi tumpeng di Karawaci Tangerang online coba tanyakan apakah ada pilihan nasi yang berbeda yang tersedia di catering tersebut. 

  • Gunakan beras kualitas bagus

Untuk menghasilkan makanan yang lezat dan bagus dipengaruhi oleh bahan yang digunakan. Makanya gunakan beras dengan kualitas yang bagus untuk nasi tumpeng. Beras pulen adalah beras yang bagus untuk nasi tumpeng. Namun, jika tidak didapatkan beras yang benar-benar ketan, maka bisa ditambahkan 200 gram beras ketan pada tiap 1 liter beras yang akan digunakan. Campuran beras ini kemudian direndam dalam jangka waktu 1 jam. Selanjutnya dikukus setengah matang untuk mendapatkan hasil lebih pulen. 

  • Waktu memasak

Campuran beras yang telah direndam dimasak dengan santan serta bumbu, patokannya sampai santan tersebut berkurang. Untuk nasi tumpeng kuning perlu ditambahkan kunyit, daun salam dan serai.

  • Gunakan air jeruk nipis

Manfaat air jeruk nipis dalam hal ini adalah untuk menghasilkan butiran nasi yang mengkilap. Setelah ditambahkan air jeruk nipis, maka beras tersebut diaduk hingga rata. Selanjutnya dibiarkan selama 15 menit dengan dalam wadah tertutup. Ini bertujuan agar nantinya nasi tersebut bisa dicetak dengan mudah, padat dengan hasil yang bagus.

  • Gunakan daun pisang

Daun pisang bermanfaat agar nasi tumpeng tidak lengket dan mudah lepas ketika dilepaskan dari cetakan. Sehingga saat mencetak nasi tumpeng, bisa menggunakan daun pisang. Untuk hasil yang bagus dan tidak hancur, maka nasi tumpeng yang bagus dicetak adalah nasi dalam keadaan masih panas. Kemudian ditekan-tekan dalam cetakan agar nasinya padat. Ketika dikeluarkan nasi tersebut bisa terbentuk segitiga utuh tanpa ada bagian yang berhamburan. 

  • Lauk pauk nasi tumpeng

Sebenarnya tidak ada permasalahan khusus dalam penggunaan dan penyajian saat pesan nasi tumpeng di Karawaci Tangerang enak. Namun untuk nasi tumpeng kuning biasanya digunakan lauk pauk berupaya ayam goreng, telur dadar, kering tempe, perkedel, sambal goreng dan bisa ditambahkan dengan abon. Berbeda lagi dengan nasi tumpeng putih yang dilengkapi dengan lauk pauk berupa urap sayur, tahu tempe bacem, rempeyek kacang, ayam bumbu rujak, dan gereh petek. 

Untuk menambah cantiknya nasi tumpeng yang disajikan, sayuran juga bisa digunakan untuk penghias tambahan. Misalnya dibuat bentuk bunga mawar, bunga aster kelopak bunga yang didapat secara alami dari sayuran. Proses kerajinan tangan ini bisa membuat tampilan nasi tumpeng semakin menarik. 

  • Wadah sajian nasi tumpeng

Pada dasarnya wadah untuk nasi saat pesan nasi tumpeng di Karawaci Tangerang murah ialah tampah yang diberi alas berupa daun pisang. Namun saat ini juga ada digunakan papan triplek atau Styrofoam untuk wadah  nasi tumpeng. Agar tidak terlihat sangat polos, maka gunakan daun pisang di atas permukaan tampah dan dihias dengan lipatan daun pisang di pinggiran tampah. Untuk menempelkannya bisa digunakan stapler. Supaya daun pisang ini tidak cepat kering, maka bisa digunakan lap basah untuk membungkusnya. 

Selain menggunakan daun pisang untuk pinggiran tampah, juga bisa digunakan kacang panjang yang bisa dibuat membentuk pagar. Sehingga semua pinggiran tampah dipagari dengan kacang panjang. Caranya dengan mengambil kacang panjang dan membuat pola dengan cara menusukkannya ke tusuk gigi yang berada di pinggiran tampah. Selanjutnya dililit kacang panjang dengan selang seling dan dari arah depan belakang seperti kepang. Lakukan hal ini seterusnya hingga membentuk pagar. 

  • Mengeluarkan nasi tumpeng dari cetakan

Setelah nasi dicetak untuk mengeluarkannya dari cetakan, cetakan tersebut dibalikkan dan dikeluarkan tumpeng di dalam tampah yang sudah disediakan daun pisang sebagai alasnya. Setelah itu, mulai disusun apa yang diperlukan, hiasi nasi tumpeng sebaik mungkin. Padukan lauk pauk yang satu dengan lainnya agar menghasilkan warna dan tampilan yang menarik. Selanjutnya juga diletakkan hiasan dari sayuran dan jangan lupa menghias bagian puncak nasi tumpeng agar tidak kelihatan polos. 

Demikianlah proses pembuatan nasi tumpeng yang akan dilakukan saat Anda pesan nasi tumpeng di Karawaci Tangerang. Bisa dilihat bahwa semua proses dilakukan dengan hati-hati untuk memastikan bahwa produk yang Anda pesan dari nasitumpengjakartaselatan.com selalu produk yang terbaik. Karena itulah rasa yang dihasilkan juga lebih nikmat dan tampilannya pun lebih menarik. Tunggu apa lagi? Segera hubungi kami melalui nomor telepon 081287608239 atau dapat pula melalui whatsapp dengan nomor yang sama. Bisa juga melalui email di order@royaltumpeng.com.



Leave a Reply

Your email address will not be published.