Pesan Nasi Tumpeng Jakarta Barat

Pesan Nasi Tumpeng Jakarta Barat

Pesan Nasi Tumpeng Jakarta Barat – Tumpeng di Indonesia ada berbagai macam jenisnya. Setiap tumpeng tersebut memiliki makna dan juga tujuannya masing-masing. Ada beberapa jenis tumpeng yang memang hanya ada di daerah tertentu dengan tradisi tertentu.

Pesan Nasi Tumpeng Jakarta Barat Varian Pungkur

Tumpeng Robyong biasanya digunakan untuk orang yang baru saja menikah. Sedangkan untuk tumpeng nujuh bulan digunakan untuk acara kehamilan yang ke tujuh bulan. Kemudian ada lagi tumpeng pungkur yang cukup unik.

Pesan Nasi Tumpeng Jakarta Barat

Tumpeng ini hanya akan ada ketika kematian pria atau wanita yang masih lajang. Tumpeng ini memang sangat berbeda dengan jenis tumpeng lainnya yang digunakan untuk acara suka cita.

Tumpeng ini justru ditujukan untuk kebutuhan duka cita. Nantinya tumpeng akan terbuat dari nasi putih dengan lauk pauk dan juga sayurannya. Uniknya, tumpeng ini dipotong secara vertikal dan diletakkan dengan cara saling membelakangi.

Makna dari tumpeng yang diletakkan secara membelakangi tersebut memiliki lambang sebagai kematian dan kehidupan. Untuk lauk yang digunakan sendiri adalah lauk yang cukup sederhana dan disertai apem dengan kolak.

Uniknya lagi adalah jika kebanyakan tumpeng akan dibuat untuk dikonsumsi, berbeda dengan jenis tumpeng ini. Tumpeng ini justru akan didiamkan saja di rumah selama satu malam untuk selanjutnya dihanyutkan ke sungai. Biasanya jenis tumpeng ini juga akan digunakan pada saat peringatan kematian di hari ke 3, 7, 40 dan ke 1.000 harinya.

Jika Anda ingin pesan nasi tumpeng Jakarta barat online, biasanya nasi tumpeng tersebut akan menggunakan beberapa jenis lauk seperti sayur urap. Kemudian juga ada lauk lain berupa telur ayam rebus. Bahkan juga akan ada cobek yang digunakan.

Tumpeng pungkur merupakan simbol dari penyempurnaan arwah. Ada juga beberapa masyarakat yang beranggapan bahwa letaknya yang membelakangi tersebut karena memiliki makna perpisahan arah dengan keluarganya.

Selain itu, tumpeng juga akan menjadi simbol keikhlasan pada orang yang sudah terlebih dulu diambil oleh Tuhan. Semua perlengkapan yang digunakan pada tumpeng tersebut menjadi simbol bahwa kebanyakan masyarakat Jawa adalah kelompok petani.

Macam Warna Tumpeng Dengan Berbagai Makna

Kebanyakan tumpeng dengan nasi kuning yang mungkin akan banyak Anda jumpai. Namun selain itu juga ada jenis tumpeng lainnya yang memiliki warna yang berbeda dengan makna dan kegunaan yang berbeda juga.

Berikut adalah beberapa jenis tumpeng berdasarkan warnanya:

  • Tumpeng Pungkur

Sama halnya dengan yang di atas, tumpeng yang satu ini merupakan jenis tumpeng yang menggunakan nasi putih. Tumpeng ini digunakan untuk kebutuhan ketika ada seseorang yang meninggal. Akan tetapi lebih dikhususkan pada wanita atau pria yang meninggal dalam keadaan belum menikah atau lajang. Tumpeng ini dibuat dengan menggunakan lauk pauk yang sederhana saja.

Berbeda dengan tumpeng umumnya yang akan dihias dengan ramai, tumpeng yang satu ini justru tidak akan menggunakan hiasan. Tumpeng pungkur akan dibuat dengan cara yang sederhana karena juga ditujukan untuk kebutuhan yang sedih atau duka cita.

  • Tumpeng Merah Putih

Jika melihat dari namanya, mungkin Anda sudah mengetahui jenis tumpeng yang satu ini. Tumpeng merah putih biasanya digunakan untuk merayakan kemerdekaan Indonesia setiap 17 Agustus.

Warna merah putih tersebut sebagai simbol warna bendera Indonesia. Untuk lauk yang digunakan sendiri masih sama dengan tumpeng pada umumnya dan juga dihias dengan menarik.

  • Tumpeng Kapuranto

Warna putih atau kuning pada tumpeng sudah menjadi hal yang biasa. Akan tetapi, pernahkah Anda menemukan tumpeng yang memiliki warna biru?

Namun ada namanya tumpeng Kapuranto. Tumpeng ini menggunakan nasi dengan warna biru. Penggunaan tumpeng ini juga cukup unik karena ditujukan untuk permintaan maaf. Jadi jika ada orang yang mengirimkan tumpeng ini, kemungkinan orang tersebut sedang meminta maaf.

Lauk yang digunakan pada tumpeng ini masih sama dengan tumpeng pada umumnya. Hanya saja warna nasinya yang berbeda. Jika Anda sedang membutuhkan tumpeng ini, coba tanyakan pada pesan nasi tumpeng Jakarta barat murah apakah bisa menyediakan tumpeng dengan nasi berwarna biru.

  • Tumpeng Kendhit

Tumpeng yang satu ini menggunakan dua jenis warna nasi, yaitu nasi putih dan nasi kuning. Nasi akan di putih akan dicetak untuk bagian ujung dan juga bawah bentuk kerucutnya. Sedangkan untuk nasi warna kuning akan mengisi cetakan di bagian tengahnya. Untuk lauknya sendiri bisa menggunakan lauk berupa semur daging, kerupuk udang, perkedel, ayam, telur ceplok, acar, capcai dan lainnya.

Tumpeng ini memiliki makna berupa permohonan agar bisa keluar dari masalah yang mengganggu kehidupan. Gangguan tersebut diibaratkan dari nasi yang berwarna kuning.

Sedangkan berbagai macam lauk yang mengelilinginya diharapkan sebagai solusi dari berbagai macam masalah. Setiap jenis lauknya akan memiliki arti sebagai lambang untuk pemecahan masalah.

  • Tumpeng Megana

Tumpeng yang satu ini menggunakan nasi dengan warna putih. Namun maknanya bukan duka cita melainkan sebagai wujud rasa syukur dan rezeki. Tumpeng ini digunakan untuk merayakan kelahiran seorang anak yang baru saja lahir.

Makna dari nasi putih yang digunakan tersebut adalah kesucian dikarenakan ada seorang bayi yang baru saja lahir. Selain itu juga ada berbagai macam sayuran dari pesan nasi tumpeng Jakarta barat enak sebagai wujud doa untuk sang bayi.

  • Tumpeng punar

Terakhir ada jenis tumpeng punar yang juga menggunakan warna kuning untuk nasinya. Tumpeng ini memiliki arti atau makna sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan atas rezeki yang sudah diberikan.

Lauk yang digunakan ada berbagai macam seperti kering tempe dan kacang. Anda bisa coba untuk pesan nasi tumpeng Jakarta barat di Nasi Tumpeng Tangerang. Tinggal hubungi kami ke 0812.87608.239 atau email ke order@royaltumpeng.com.



Leave a Reply

Your email address will not be published.