Catering Pesan Antar Nasi Tumpeng di Tangerang dan Sekitarnya

Tumpeng Nasi Kuning BSD

Tumpeng Nasi Kuning BSD

Tumpeng Nasi Kuning BSD – Tentunya sangat populer di kalangan masyarakat, dimana hal ini tidak terlepas dari rasanya yang lezat. Apalagi nasi tumpeng merupakan salah satu kuliner khas Indonesia, khususnya masyarakat Jawa. Sebab nasi ini selalu ada pada setiap perayaan tertentu, namun tumpeng yang digunakan pada setiap perayaan tidaklah sama. Sebab setiap tumpeng memiliki suatu makna tersendiri, hal ini tidaklah mengherankan mengingat tumpeng tidak hanya sekedar makanan saja. Akan tetapi di dalamnya sangat sarat akan makna, mulai dari bentuk, warna hingga lauk yang digunakan.

Harga Nasi Tumpeng Bintaro

Jadi agar tidak salah pilih maka Anda harus mengetahui beberapa jenis nasi tumpeng ini agar cocok untuk acara Anda, mengingat setiap orang memiliki acara yang berbeda sehingga nasi tumpeng yang dibutuhkan juga berbeda. Apalagi nasi tumpeng ini nantinya akan dibagikan dan dinikmati secara bersama-sama baik bersama teman maupun keluarga nanti, tidak heran jika antara nasi tumpeng dan acara khusus tidak dapat dipisahkan.

1.Tumpeng robyong

Apabila Anda ingin melakukan upacara siraman maka ada baiknya menyajikan tumpeng jenis ini, sebab tumpeng robyong merupakan tumpeng khusus untuk acara siraman pernikahan terutama yang menggunakan adat Jawa. Tumpeng ini tentunya tidak diletakkan di piring namun biasanya diletakkan pada bakul, di dalamnya juga dilengkapi oleh beberapa jenis sayuran sebagai lauknya.  Untuk bagian puncak tumpeng sendiri akan diletakkan telur ayam yang utuh, terasi, bawang merah, dan cabai. Jadi jangan sampai Anda salah meletakkan tumpeng untuk acara siraman nanti, mengingat beda acara maka berbeda pula tumpeng yang digunakan. Oleh sebab itu sangat salah jika banyak orang yang menganggap bahwa tumpeng hanya sekedar makanan saja.

2. Tumpeng nujuh bulan

Wanita yang sedang hamil tujuh bulan biasanya akan mengadakan acara berupana syukuran, tentunya pada acara seperti ini wajib menyediakan tumpeng. Tentunya tidak sembarangan tumpeng yang disediakan, sebab tumpeng untuk acara ini tentunya berbeda pada tumpeng biasanya. Tumpeng khusus acara ini menggunakan nasi yang berwarna putih, tentunya tumpeng ini juga harus berbentuk kerucut. Selain itu pada tumpeng jenis ini terdapat tumpeng berukuran besar di bagian tengahnya serta terdapat enam buah tumpeng berukuran kecil yang akan mengelilingi tumpeng yang berukuran besar. Serta penyajian tumpeng ini tidak bisa asal saja dimana umumnya menggunakan tampah yang telah dihiasi oleh daun pisang, jadi tidak bisa Anda menyediakan tumpeng biasa ketika acara tujuh bulanan nanti.

3. Tumpeng pungkur

Untuk acara kematian sendiri, tumpeng juga disediakan yaitu tumpeng pungkur. Namun tidak sembarangan kematian yang menyajikan tumpeng, apabila orang yang meninggal masih lajang maka tumpeng jenis ini dapat disajikan.Tumpeng jenis ini biasanya menggunakan nasi putih, tentunya terdapat lauk pauk yang berupa sayuran. Tentunya terdapat beberapa perbedaan yang dimiliki oleh tumpeng ini dengan tumpeng pada umumnya, apabila tumpeng pada umumnya akan dipotong bagian paling atasnya dan diberikan pada orang yang dihormati maka tidak dengan tumpeng ini. Sebab tumpeng ini nantinya akan dipotong secara vertikal dan diletakkan saling membelakangi, jadi kehadiran tumpeng sendiri tidak hanya pada acara syukuran saja namun juga pada acara kematian juga.

4. Tumpeng putih

Tentunya dalam acara sakral pastinya akan menghadirkan tumpeng juga, namun tumpeng biasa yang digunakan adalah tumpeng putih. Dari nama tumpeng ini tentunya Anda sudah dapat menebak jenis nasi apa yang digunakan, yaitu nasi putih. Penggunaan nasi putih sendiri dikarenakan nasi ini memiliki makna kesucian terutama dalam adat Jawa, dikarenakan sedang mengadakan acara yang sakral maka tumpeng ini yang digunakan.Karena memiliki makna dalam penggunaan warna nasi maka Anda tidak dapat asal saja dalam memilih warna nasi yang digunakan karena dapat menghilangkan makna dan arti di dalam nasi tumpeng tersebut.

5. Tumpeng nasi kuning

Tentunya tumpeng nasi kuning tidak asing lagi bagi Anda, sebab tumpeng jenis ini sangat mudah ditemukan terutama dalam acara syukuran tertentu seperti pertunangan, pernikahan, maupun acara gembira lainnya. Penggunaan nasi kuning sendiri memiliki alasan tersendiri, sebab warna kuning melambangkan kekayaan dan moral yang luhur. Jadi tidak heran jika tumpeng jenis ini banyak digunakan.

6. Tumpeng nasi uduk

Bagi Anda yang umat muslim tentunya tidak asing lagi dengan acara maulid nabi, tentunya dalam acara ini pastinya akan disediakan juga tumpeng. Akan tetapi jenis tumpeng yang disajikan adalah tumpeng nasi uduk dimana tumpeng ini juga disebut tumpeng tasyakuran. Tentunya tumpeng ini tidak jauh berbeda dengan tumpeng pada umumnya serta rasanya juga tidak kalah enak. Oleh sebab itu apabila Anda ingin mengadakan acara dan ingin menyediakan tumpeng maka jangan sampai salah pilih tumpeng nasi kuning bsd mengingat terdapat makna di dalamnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *